Naik Motor saat Hujan jangan memakai sandal apalagi nyeker




Saat musiim hujan seperti sekarang ini banyak sekali dari kita yang masih salah dalam mengambil keputusan saat riding di tengah tengah hujan, ada yang memilih untuk menerobos hujan, ada juga yang berteduh..

Banyak kan dari kita yang mungkin kerja naik motor, apalagi di kota kota besar lebih baik naik motor daripada mobil yang harus bermacet macetan dan kurang lincah menerobos kemacetan. Namun kalau hujan itu enaknya bisa menerobos terjang hujan.

Namun bagi yang pengendara motor, ada dilematis saat melintasi hujan karena banyak sekali yang malah berbuat sesuatu yang membahayakan kaki sendiri dan lebih memilih sayang terhadap sepatu kerja nya yang terkena hujan.

Saat mengendarai motor di terjangan hujan seperti saat ini apalagi hujan lebat di sertai angin, memakai sepatu adalah hal yang tepat yang harus di ingat dan selalu hindari untuk memakai sandal, apalagi tidak memakai apa apa alias nyeker.

Selain jas hujan, Sepatu adalah hal yang wajib yang harus di pakai di dalam kondisi hujan. loh kok bisa?? gak sayang dengan sepatu nya nanti?? Naah inilah yang lebih banyak di pikirkan oleh pengendara motor, bahwa dengan alasan praktis malah lebih sayang sepatu dan memakai sandal saat berkendara hujan hujanan membuat kaki tidak terlindungi dengan maksimal

Beberapa Hal yang perlu di perhatikan saat berkendara di keadaan hujan adalah kecepatan berkendara harus lebih banyak dikurangi. kalau biasanya standar di 60kpj diusahakan di angka 40kpj karena jika terjadi pengereman, kita bisa mendapatkan jarak aman sebelum benar benar berhenti karena aspal saat basah sangat licin apalagi jika motor kita masih memakai ban standar bukan yang khusus untuk basah.

Apalagi jarak antar sesama pengendara juga harus di atur lebih jauh daripada saat tidak hujan.

Selain itu pakailah jas hujan dengan warna terang , karena saat hujan banyak pengendara itu tidak was was terhadap apa yang ada di depan apalagi saat hujan lebat, jas hujan yang terang membantu kita lebih waspada dan juga orang lain bisa mengetahui keberadaan kita.

Untuk sepatu yang pas saat di pakai berkendara di kala hujan adalah sepatu yang memiliki hak nya agar potensi meleset semakin kecil. Karena justru hak pada sepatu motor akan menahan posisi kaki untuk tetap berada pada footstep..

Bicara soal menahan tadi mengacu pada prinsip dasar berkendara dimana anggota tubuh mulai pinggang ke bawah memang harus steady.

Berbeda dengan anggota tubuh pinggang ke atas yang justru harus leluasa bergerak agar bisa jadi faktor penyeimbang saat melaju dengan sepeda motor.

Untuk soal bahan, jika Anda memang mau sepatu khusus saat naik motor, Johanes dan juga Emerson Tantono (Safety Riding Chief Instructor PT AHM) kembali menyebutkan keberadaan soal hak sepatu tadi.

“Kalau mau yang ideal yang sepatu but khusus yang bisa sampai menutupi tulang kering,” kata Emerson.

Ditegaskannya lagi, “Saat berkendara, semua anggota tubuh harus terlindungi semua dan tertutup.”

Hal ini dikarenakan perlindungan preventif bagi anggota tubuh tidak lain adalah perlengkapan berkendara itu sendiri.

Nah sudah tahu bukan bagaimana berperilaku saat berkendara kala hujan???



About otoshark 151 Articles
Website Portal Kumpulan berita otomotif terkini tentang gosip motor, wisata touring, spot kopdar, komunitas dan berita otomotif terkini Indonesia Lainya. Terima kasih sudah mengunjungi dan jangan lupa untuk share dan komen.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*