Suzuki GSX-R1000 dan GSX-R1000R Recall terkait berakibat pada kerusakan Rantai




SUZUKI GSX-R1000 dan GSX-R1000R ditarik kembali terkait kesalahan potensial yang menurut pabrikan suzuki bisa menyebabkan rantai terputus.

Sepertinya Recall GSX-R150 di Indonesia beberapa waktu yang lalu itu ternyata terjadi juga pada sang kakak yaitu GSX-R1000 dan GSXR1000R karena masalah yang berakibat kepada kerusakan rantai.

Pergeseran dari gigi satu ke gigi yang lainnya, gearbox bisa langsung ke netral dan bukan loncat ke gigi kedua, ini menghasilkan putaran mesin tinggi, menurut Suzuki. Jika pengendara kemudian mengait ke gigi kedua tanpa menggunakan kopling, beban yang berlebihan bisa tiba-tiba ditempatkan pada rantai dengan kecepatan mesin tinggi dan itu sangat berbahaya.

Suzuki mengatakan bahwa kekuatan mendadak dari motor bermesin 202hp bisa menyebabkan peregangan rantai atau bahkan bisa berakibat rantai pecah.

baca juga : Kode BS71 adalah New Yamaha R25 Facelift – Totally New – Hadir semester 2 di 2018

GSX-R1000R (foto) dilengkapi dengan quick shifter yang memungkinkan untuk mengganti gigi ke atas atau ke bawah tanpa menggunakan kopling. Kelancaran quick shifter adalah salah satu alasan mengapa GSX-R1000R memenangkan tes kelompok superbike tahun lalu, mengalahkan BMW S1000RR, Yamaha R1, Honda Fireblade dan Kawasaki ZX-10R.

Penarikan atau recall tersebut terjadi pada sekitar 600 unit GSX-R1000s dan GSX-R1000Rs yang lebih tinggi yang dijual di Inggris sejak diluncurkan tahun lalu.

Masalah yang terjadi ini bisa diatasi dengan mengganti ECU secara gratis. Pemilik akan diberitahu melalui pos pada bulan Maret, saat suku cadang pengganti diperkirakan akan tersedia di dealer, menurut Suzuki.

Perusahaan suzuki mengatakan: “Suzuki telah mengidentifikasi kesalahan potensial saat pengendara naik dari gigi pertama ke roda dua; Jika pengendara gagal melakukan gigi kedua, posisi netral akan ada dan terus membuka throttle akan menyebabkan RPM sangat tinggi. Jika pengendara kemudian bergeser ke roda gigi kedua tanpa melepaskan kopling di bawah RPM yang sangat tinggi, beban yang berlebihan dapat diterapkan pada powertrain yang dapat menyebabkan peregangan rantai dan kemungkinan kasus terburuk, rantai drive bisa terlepas atau pecah. ‘

otoshark.com < a



About otoshark 160 Articles
Website Portal Kumpulan berita otomotif terkini tentang gosip motor, wisata touring, spot kopdar, komunitas dan berita otomotif terkini Indonesia Lainya. Terima kasih sudah mengunjungi dan jangan lupa untuk share dan komen.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.